Penyebab Pusing Saat Hamil

eddye

April 19, 2019

Kesehatan

No Comment

Pusing sering terjadi pada trimester pertama dan ketiga kehamilan. Anda juga tidak perlu khawatir karena pusing dapat dicegah selama kehamilan dengan menghindari gangguan atau kebiasaan berikut. Pusing saat hamil biasanya bukan kondisi yang berbahaya dan akan menghilang dengan bertambahnya usia kehamilan. Namun, kondisi ini bisa membuat tidak nyaman bagi beberapa wanita hamil.

Berbagai penyebab pusing selama kehamilan

Berikut beberapa kondisi atau kebiasaan yang dapat menyebabkan pusing selama kehamilan:

  1. Anemia
    Beberapa wanita hamil sering menderita anemia karena asupan zat besi tidak ada. Akibatnya, sel darah merah yang mengangkut oksigen ke otak dan organ lain kurang dan menyebabkan pusing selama kehamilan. Untuk alasan ini, disarankan untuk mengkonsumsi cukup zat besi, terutama ketika memasuki trimester kedua dan ketiga. Jika perlu, gunakan suplemen zat besi sesuai anjuran dokter.
  2. Kurang energi
    Pusing selama kehamilan juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh membutuhkan energi. Terlambat makan selama 1-2 jam bisa membuat ibu hamil pusing. Kondisi ini umum terjadi pada wanita hamil yang kesulitan makan atau minum karena mual dan muntah selama kehamilan. Selalu jadikan cemilan sehat sebagai sumber energi. Selain itu, cobalah makan dengan makan dalam porsi kecil, tetapi sering untuk menghindari pusing selama kehamilan.
  3. Dehidrasi
    Seperti halnya kelaparan, dehidrasi dapat menyebabkan pusing selama kehamilan. Selama kehamilan, hormon-hormon kehamilan dalam tubuh ibu memungkinkan lebih banyak cairan mengalir ke janin untuk membantu kehidupan dan pembentukan organ. Selain itu, hormon kehamilan membuat tubuh Anda lebih banyak berkeringat. Jika kebutuhan cairan ini tidak mencukupi, wanita hamil dapat mengalami dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi selama kehamilan, disarankan untuk minum 10 gelas air setiap hari, untuk memakai pakaian longgar dan mengaktifkan AC.
  4. Berdiri secara tiba-tiba
    Saat duduk, darah menumpuk di kaki. Kemacetan dapat menyebabkan pusing selama kehamilan. Ini karena aliran darah ke jantung berkurang sehingga tekanan darah menurun dengan cepat. Cobalah berdiri perlahan dari posisi duduk atau berbaring untuk menghindari pusing selama kehamilan.
  5. Berdiri terlalu lama
    Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan pusing selama kehamilan karena ada banyak darah di daerah kaki. Untuk mengatasinya, cobalah duduk atau berbaring sampai rasa pusingnya mereda. Selain itu, Anda juga bisa menggerakkan kaki selama beberapa menit untuk memperlancar sirkulasi darah.
  6. Berbaring terlalu lama
    Berbaring terlalu lama dalam posisi berbaring juga dapat menyebabkan pusing selama kehamilan, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Ini karena pembuluh darah di belakang rahim terkompresi. Akibatnya, aliran darah dari kaki dan panggul ke jantung tersumbat dan tidak mengalir dengan lancar. Untuk menghindari pusing selama kehamilan, belok ke kiri untuk meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak. Dukung punggung Anda tambahan dengan bantal agar lebih nyaman.
  7. Perubahan hormon
    Penyebab pusing selama kehamilan karena perubahan hormon sebenarnya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alami tubuh selama kehamilan. Pusing selama kehamilan, karena perubahan hormon terjadi karena hormon kehamilan yang diproduksi memperluas pembuluh darah Anda. Pertama, pembuluh darah ini perlu dilatasi untuk meningkatkan aliran darah ke janin. Di sisi lain, itu mengurangi aliran darah di otak Anda dan menyebabkan pusing. Untuk menghindari dan mengatasi pusing selama kehamilan karena perubahan hormon ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mencari pengobatan jika diperlukan.

Pusing saat hamil adalah hal yang wajar, tetapi disarankan untuk waspada, terutama jika Anda mengalami gejala lain seperti pingsan, sakit perut parah, kram, demam, kelemahan anggota tubuh, penglihatan kabur, dan pendarahan vagina. Minta bidan Anda segera untuk gejala yang Anda alami.

Related Posts

Demam pada Anak

eddye

September 20, 2019

Kesehatan

No Comment

Kondisi di mana suhu tubuh Anda memiliki suhu lebih dari 38 derajat celsius disebut demam. Demam merupakan reaksi dari proses kekebalan tubuh yang melawan infeksi baik akibat virus, bakteri, atau parasit. Demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau bisa jadi karena reaksi terhadap penggunaan obat tertentu, termasuk antibiotik. Pada dasarnya, demam pada anak […]

Read More

7 Cara Mengobati Mata Kering dan Tetap Sediakan Insto Dry Eyes

eddye

July 20, 2019

Kesehatan

No Comment

Mata kering sekarang tidak hanya dialami oleh lansia saja. Anda berusia 8 tahun pun bisa terjangkit mata mengering karena kondisi lingkungan dan kebiasaan yang mereka lakukan. Kondisi mata mengering ini terjadi ketika air mata tidak mencukupi sebagai pemberi kelembapan pada mata. Gangguan ini dikenal dengan istilah keratoconjunctivits sicca. Gejala yang dirasakan dari mata mengering mungkin […]

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *