Mobil berjenis Cros Over

eddye

August 29, 2019

Otomotif

No Comment

Mungkin anda suda tidak asing lagi dengan nama mobil mazda CRX-3. Salah satu mobil cross over besutan mazda yang siap bersaing dengan berbagai macam merk mobil yang lain. Mazda CX-3 ini memiliki beberapa spesifikasi dengan tampilan yang unik penggabungan antara SUV atau CRV. Harga mazda CX 3 pun juga lebih terjangkau dibandingkan dengan merk mobi SUV. Dengan tampilan yang lebih minimalis namun tetap mencerminkan style sporty ala SUV. Mazda CX 3 ini juga dilengkapi dengan dua varian mesin yaitu mesin diesel serta mesin bensin yang mempunyai bahan bakar yang tergolong irit. Nah mungkin anda penasaran mengapa mazda mengeluarkan mobil berjenis cross over. Pastinya karena mobil ini mempunyai pasar konsumen juga memiliki nilai.

Mobil jenis Crossover ini bisa dibilang sedang diatas mobil jenis lainnya, saat ini hampir nyaris seluruh pabrikan mobil di dunia juga berlomba-loba untuk memproduksi mobil di segmen Crossover.

Kendaraan jenis Crossover sendiri bukan ekskusif untuk satu jenis saja. tapi, banyak yang menyangka bahwa Crossover merupakan jenis mobil yang sama.

Untuk mobil jenis Crossover sendiri memang sedang mengalami kepopuleran di masyarakat luas. Pengertian dari Crossover adalah penggabungan dari beberapa jenis mobil yang berbeda namun satu.

Hal yang paling sering terlihat penggabungan antara Hatchback dengan SUV. Mobil berjenis ini semakin populer dengan gabungna kepraktisan mobil Hatchback dengan ground clearance yang ada dari mobil SUV.

Perbedaan mobil crossover ini dengan SUV, Crossover dibuat dengan menggunakan konstruksi unibody atau bisa dibilang body yang menyatu dengan sasis, sedangkan SUV sendiri menggunakan body-on-frame aytau body yang terpisah dengan sasis. Kemampuan dari jelajah Crossover hatchback juga tidak sehebat SUV yang sebenarnya Contoh dari mobil Crossover Hatchback-SUV seperti produsen Suzuki SX4, Nissan Juke, dan Honda HR-V dan merk lainnya.

Kombinasi Crossover antara MPV juga SUV. Mobil Crossover seperti ni biasanya menggabungkan antara daya muat yang ada pada mobil MPV dengan ground clearance dari mobil SUV. namun, kebanyakan pada mobil dengan dasar MPV yang ditinggikan sehingga mempunyai daya jelajahnya juga tidak seluas SUV. Contoh jenis mobil Crossover MPV-SUV adalah Chevrolet Spin Activ dan Nissan Livina X-Gear.

Selain itu Salah satu kombinasi mobil crossover yang terbilang jarnag ditemui adalah penggabungan antara mobil wagon dengan mobil SUV. Tetap Masih menggunakan daya jelajah SUV, tetapi bodinya dibuat seperti hatchback, dengan atapnya lebih panjang, sehingga mampu memberikan lebih banyak space untuk barang bawaan. Contoh mobil yang berada di segmen ini adalah Volvo V90 Cross Country dan Mercedes-Benz E-Class All-Terrain

Kombinasi Crossover sebenarnya tidak selalu melibatkan SUV. Ada pula  yang menggabungkan antara jenis sedan bersama kupe. Penggabungan mobil dari dua jenis mobil ini biasanya dilakukan oleh pabrikan mobil terkenal dan mewag dengan menggabungkan ukuran mobil kupe yang ditambahkan pintu sehingga menjadi mobil sedan. Contoh dari mobil Crossover sedan-kupe ini adalah BMW Seri 6 Gran-Coupe dan Mercedes-Benz CLS-class. ada pula penggabungan sedan yang besar dengan penampilan dari sebuah mobil kupe. Pada umum nya sebuah mobil kupe memiliki ruang yang terbatas untuk penumpang yang ada di belakang. Tetapi, dengan memberi sepasang pintu, yang memberikan mobil jenis ini dengan penampilan yang sporti.  Contoh mobil Seperti yang diterapkan pada Bentley Continental GT dan juga Mercedes-Benz S-class Coupe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *