Demam pada Anak

eddye

September 20, 2019

Kesehatan

No Comment

Kondisi di mana suhu tubuh Anda memiliki suhu lebih dari 38 derajat celsius disebut demam. Demam merupakan reaksi dari proses kekebalan tubuh yang melawan infeksi baik akibat virus, bakteri, atau parasit. Demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau bisa jadi karena reaksi terhadap penggunaan obat tertentu, termasuk antibiotik.

Pada dasarnya, demam pada anak akan menghilang dengan sendirinya saat penyakit yang membawanya  sembuh. Tapi untuk mengobati demam pada anak yang lebih parah, obat-obat demam bisa dibeli secara bebas. Jika gejala tetap berlanjut maka Anda harus menggunakan obat demam atau obat pilek resep dokter. Lalu, apa saja penyebab demam pada anak?

Penyebab demam pada anak

Pada umumnya, demam pada anak merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi, terutama infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas. Pada beberapa kasus ditemukan bahwa anak juga dapat mengalami demam akibat infeksi pada bagian tubuh lain, seperti infeksi saluran kencing, infeksi saluran telinga, atau infeksi pada paru-paru yang biasa disebut pneumonia.

Imunisasi juga dapat menjadi penyebab demam pada anak. Saat tubuh membentuk respon imun setelah imunisasi, tubuh anak memberikan respon, seperti demam, rasa gatal, dan nyeri pada bekas suntikan. Tubuh membentuk sistem kekebalan tubuh baru yang merupakan gabungan dari vaksin imunisasi yang dimasukkan ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan naiknya suhu tubuh anak.

Demam juga bisa diakibatkan oleh alergi. Alergi ini dikenal sebagai alergi rhinitis. Gejalanya adalah demam, bersin, hidung berair dan gatal, hidung tersumbat, mata berair dan merah, atau ada masalah telinga. Alergi ini biasanya dipicu oleh perubahan suhu yang signifikan. Selain itu, alergi terhadap panas juga bisa menyebabkan demam yang diikuti munculnya ruam-ruam merah pada bagian tubuh anak.

Demam berulang tanpa diketahui penyebabnya, juga bisa menjadi tanda kanker sel darah putih (leukemia). Leukemia adalah jenis kanker yang paling umum menyerang anak-anak. Kanker ini terjadi ketika sumsum terlalu banyak menghasilkan sel darah putih yang belum matang. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi https://www.guesehat.com/masalah-ringan-pada-anak-yang-bisa-jadi-adalah-gejala-kanker

Related Posts

Masyarakat Tanggapi Beragam Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

eddye

October 23, 2019

Kesehatan

No Comment

Pemerintah secara resmi meningkatkan kontribusi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan mulai tahun depan. Namun, peserta merespons secara berbeda terhadap kebijakan ini. Kebijakan tersebut diatur dalam peraturan presiden 82 tahun 2018 tentang asuransi kesehatan. Biaya kehadiran independen di kelas 1 dan 2 meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan Rp. 80 ribu dan Rp. […]

Read More

7 Cara Mengobati Mata Kering dan Tetap Sediakan Insto Dry Eyes

eddye

July 20, 2019

Kesehatan

No Comment

Mata kering sekarang tidak hanya dialami oleh lansia saja. Anda berusia 8 tahun pun bisa terjangkit mata mengering karena kondisi lingkungan dan kebiasaan yang mereka lakukan. Kondisi mata mengering ini terjadi ketika air mata tidak mencukupi sebagai pemberi kelembapan pada mata. Gangguan ini dikenal dengan istilah keratoconjunctivits sicca. Gejala yang dirasakan dari mata mengering mungkin […]

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *