7 Cara Mengobati Mata Kering dan Tetap Sediakan Insto Dry Eyes

eddye

July 20, 2019

Kesehatan

No Comment

Mata kering sekarang tidak hanya dialami oleh lansia saja. Anda berusia 8 tahun pun bisa terjangkit mata mengering karena kondisi lingkungan dan kebiasaan yang mereka lakukan. Kondisi mata mengering ini terjadi ketika air mata tidak mencukupi sebagai pemberi kelembapan pada mata. Gangguan ini dikenal dengan istilah keratoconjunctivits sicca.

Gejala yang dirasakan dari mata mengering mungkin sudah Anda rasakan sewaktu bangun pada pagi hari. Gejala seperti mata pegel, perih, lelah, sepet, bisa diindikasikan sebagai mata mengering. Apabila Anda sudah merasakannya, sebaiknya lakukan pengobatan agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu. Ya, meski sampai detik ini risiko parah dari mata mengering belum ada, namun bukan berarti Anda menyepelekannya.

Bagi penderita mata mengering acap tidak nyaman selama menjalani aktivitas karena mata akan sensitif terhadap cahaya. Di Indonesia sudah ada 2-juta kasus mata mengering per tahunnya. Anda bisa melakukan pengobatan maupun pencegahan agar mata perih akibat kering tidak dirasakan kembali. Caranya, sebagai berikut.

  1. Mengenakan Kacamata

Fungsi kacamata bukan sebagai gaya-gayaan saja, melainkan berperan penting dalam melindungi mata dari udara yang membawa kotoran. Udara yang berhembus kencang dan menerpa mata secara langsung pun menyebabkan produksi air mata berkurang atau menguap terlalu cepat. Tidak hanya udara/angin dari kipas angin saja yang memicu mata mengering, karena mesin pengering rambut pun mampu menguapkan air mata dan membuat indera penglihat terasa kering.

  1. Mengompres

Mungkin cara ini sudah diketahui banyak orang, apalagi bagi Anda yang sering menghadap layar komputer karena pekerjaan. Mengompres mata dengan air hangat memicu kelenjar mata mengeluarkan minyak sehingga membuat peningkatan produksi air mata.

  1. Menyediakan Insto Dry Eyes

Apabila di rumah atau di dalam tas Anda belum ada Insto, sebaiknya belilah dahulu. Insto Dry ini dinilai ampuh mencegah dan meredakan kondisi mata yang kering karena berfungsi sebagai pengganti pelumas. Tentu menjadi pilihan terbaik ketika mata sepet mendadak terasa. Anda hanya perlu meneteskan obat mata ini tanpa perlu repot.

  1. Mengonsumsi Gula

Belum banyak orang yang tahu bahwa mengonsumsi makanan dengan kadar gula ataupun pemanis yang berlebihan bisa mencegah mata mengering. Alasannya adalah, gula bisa memengaruhi produksi air mata. Namun, bagi para penderita diabetes pun tetap menjaga kadar gula yang dikonsumsi supaya tidak terjadi kerusakan dan masalah baru pada mata.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Kelembapan pada area mata menentukan kesehatan. Dalam menjaga kelembapan tersebut Anda diminta mengonsumsi air mineral setidaknya 8 gelas per hari dan hentikan/kurangi kebiasaan merokok supaya mata tetap lembap. Air yang Anda konsumsi akan memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh sekaligus mata.

  1. Menggunakan Mentimun

Apabila mata Anda terasa mengering, sebaiknya irislah mentimun dan cuci sampai bersih, kemudian tempelkan irisan tersebut ke mata selama 10 menit. Mentimun dinilai mampu memperbaiki kondisi mata yang kering karena memiliki kandungan air.

  1. Menggunakan Teh Hijau

The hijau tidak hanya bermanfaat untuk melangsingkan tubuh saja, karena teh hijau memiliki fungsi lain, yaitu mengurangi peradangan dan rasa gatal di mata. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan melarutkan teh hijau ke dalam air panas, kemudian diinginkan rendaman tersebut dan gunakan bilasan ke permukaan mata.

Itulah 7 cara sederhana mengurangi mata mengering yang bisa Anda lakukan. Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Posts

Masyarakat Tanggapi Beragam Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

eddye

October 23, 2019

Kesehatan

No Comment

Pemerintah secara resmi meningkatkan kontribusi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan mulai tahun depan. Namun, peserta merespons secara berbeda terhadap kebijakan ini. Kebijakan tersebut diatur dalam peraturan presiden 82 tahun 2018 tentang asuransi kesehatan. Biaya kehadiran independen di kelas 1 dan 2 meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan Rp. 80 ribu dan Rp. […]

Read More

Demam pada Anak

eddye

September 20, 2019

Kesehatan

No Comment

Kondisi di mana suhu tubuh Anda memiliki suhu lebih dari 38 derajat celsius disebut demam. Demam merupakan reaksi dari proses kekebalan tubuh yang melawan infeksi baik akibat virus, bakteri, atau parasit. Demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau bisa jadi karena reaksi terhadap penggunaan obat tertentu, termasuk antibiotik. Pada dasarnya, demam pada anak […]

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *